Kamis, 26 November 2015

Tanda Kehamilan Umur 1 Minggu

Tanda Kehamilan Umur 1 Minggu
Memiliki anak atau buah hati adalah idaman yang selalu ingin dicapai oleh semua pasangan suami istri. Maka dari itu ketika mengetahui sang istri hamil, biasanya pasangan suami istri tersebut merasa sangat bahagia. Akan tetapi Anda juga harus memastikan apakah tanda-tanda tersebut benar-benar pertanda hamil atau bukan. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu secara non medis atau secara fisik adalah yang lebih mudah dikenali dengan langsung oleh orang awam, meskipun tidak seakurat tanda-tanda kehamilan secara medis.

Untuk mencari tanda-tanda kehamilan sebaiknya dilakukan dengan melihat banyak hal, semakin banyak tanda-tanda kehamilan yang ada, semakin besar pula kemungkinan hamilnya, meskipun beberapa tanda kehamilan memang lebih mudah dikenali dan lebih umum dibanding lainnya. Secara medis, pertanda hamil terutama pada minggu pertama harus ditentukan sejak hari terakhir Anda mengalami menstruasi dan bukanlah setelah 1 minggu setelah terjadi pembuahan. Dan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan 1 minggu lebih jelas lagi, penjelasan kami berikut ini mungkin bisa membuat Anda lebih paham  .

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan intim
Perdarahan

Tanda pertama biasanya terjadi dengan adanya perdarahan atau bercak darah yang diakibatkan karena implantasi. Hal ini juga sering disebut dengan implantation bleeding. Sebuah perdarahan yang terjadi karena proses implantasi calon janin ke dinding rahim. ketika mengalami implantation bleeding tersebut biasanya Anda akan mengalami perdarahan kecil berupa bercak, jauh lebih sedikit bila dibanding dengan saat haid, sehingga bisa dengan mudah dibedakan. Kejadian ini bisa menjadi satu gejala kehamilan 1 minggu.

Kram Perut

Pada dasarnya wanita yang hamil muda di minggu-minggu awal akan merasakan pertanda kram perut. Jika Anda merasakan sakit perut atau kram perut Anda mulai curiga bahwa Anda sedang hamil, besar kemungkinan bahwa Anda benar-benar sedang hamil. Rasa kram atau sakit tersebut juga diakibatkan karena terjadinya implantasi janin ke dinding rahim yang akan terus terasa selama proses tersebut masih berlangsung.

Perubahan Pada Payudara

Perubahan yang paling mudah diketahui bagi pasangan suami istri adalah perubahan yang terjadi pada bagian payudara wanita. Wanita akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya karena tersentuh branya sendiri, selain itu juga akan timbul rasa nyeri. Rasa tidak nyaman tersebut juga akan dibarengi dengan ukuran yang menjadi lebih membesar. Pertanda lain adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk saat diraba. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang biasanya dirasakan juga termasuk rasa gatal pada bagian payudara.

Telat Haid/ menstruasi

Pertanda ini mungkin menjadi salah satu yang paling mudah diketahui. Saat sel telur sudah terbuahi, maka tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh dan ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Maka dari itu ketika Anda sedang hamil, Anda tidak akan mengalami datang bulan atau haid. Nah, di bidang medis pertanda ini juga bisa dijadikan salah satu pedoman untuk menentukan apakah seseorang hamil atau tidak.

 Mual dan Muntah muntah

Secara umum tanda-tanda kehamilan 1 minggu memang membuat wanita menjadi sering mual atau muntah.Hal ini bisa terjadi sepanjang hari, meskipun pada umumnya hanya terjadi pada pagi hari atau yang biasa disebut dengan istilah morning sickness. Jika Anda mulai sering merasakan mual dan muntah di pagi hari, bisa saja hal tersebut menjadi salah satu tanda kehamilan 1 minggu setelah berhubungan intim.

 Sering Buang Air Kecil/kencing

Saat Anda sedang hamil muda, janin di dalam rahim secara otomatis akan membutuhkan ruang yang lebih luas. Perluasan rahim tersebut bisa membuat kandung kemih menjadi tertekan dan akan membuat ibu hamil muda biasanya lebih sering  kerasa buang air kecil.

 Mudah Terasa Lelah

Tanda yang selanjutnya Anda rasakan adalah Anda menjadi lebih mudah lelah saat melakukan aktivitas . Bahkan saat melakukan aktivitas kecil pun energi Anda tidak akan seperti biasanya. Jika Anda memiliki riwayat gangguan tekanan darah rendah, Anda bisa sering pingsan karena mengalami kelelahan yang amat sangat.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, masih ada beberapa tanda lain, diantaranya lebih mudah mengantuk, kepala pusing, kemudian bisa juga kadang Anda mengalami sembelit. Selain itu pada masa awal kehamilan suhu basal tubuh (suhu tubuh setelah bangun tidur) akan mengalami kenaikan 1′ celcius, tetapi hal ini akan cukup sulit untuk diamati.

Tanda-Tanda Kehamilan 1 Minggu Jika Dilihat Secara Medis

Selain ciri-ciri perubahan fisik yang biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Dunia medis juga mempunyai cara tersendiri untuk memastikan apakah seseorang sedang benar-benar hamil atau tidak. Saat ini dunia medis sudah semakin modern, dan cara memastikan kehamilan seseorang pun sudah semakin akurat.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau yang sering disebut dengan test pack. Alat ini sangat mudah didapatkan termasuk di apotek yang terdapat di lingkungan Anda. Cara yang digunakan adalah dengan melakukan tes urin, dan keakuratannya pun sudah cukup teruji, memiliki tingkat keakuratan mencapai 99%. Untuk melakukan tes ini Anda disarankan melakukannya di pagi hari. Jika Anda positif hamil, maka tanda yang terlihat adalah dua garis, sedangkan jika negatif garis yang terlihat hanya 1. Jika kiranya test pack mengatakan bahwa Anda positif hamil,untuk seanjutnya pastikan dengan memeriksakannya ke dokter kandungan.

Cara medis kedua untuk menentukan tanda-tanda kehamilan 1 minggu adalah dengan pemeriksaan USG. Cara ini diakui adalah yang paling efektif dan paling akurat dibandingkan dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Dengan menggunakan teknologi USG ini Anda akan bisa melihat apakah di dalam kandungan Anda terdapat janin atau tidak, bahkan Anda juga bisa dengan jelas mengetahui keadaan janin Anda di dalam kandungan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar