Senin, 19 Oktober 2015

Mengenal Jenis jenis Kenari

Bagi pemula yang ingin beternak burung kenari,alangkah baiknya terlebih dahulu belajar mengenal jenis-jenis dan macam-macam burung kenari. Kenari atau yang mempunyai nama latin serinus canaria merupakan jenis burung pemakan biji bijian yang akhir akhir ini banyak dikembangbiakan di banyak lapisan masyarakat,selain memiliki kicauan yang indah burung kenari juga memiliki warna bulu yang menarik dan beraneka ragam serta postur tubuhnya yang menarik membuat semua orang menjadi tertarik untuk memelihara dan membudidayakannya.
Dewasa ini kenari juga sering dijadikan sebagai burung kontes atau lomba sehingga harganya pun relatif stabil dibandingkan dengan jenis burung ocehan lainnya.berikut kami berikan info seputar jenis jenis kenari:

1. Yorkshire
Burung ini merupakan hasil persilangan burung kenari Lancashire dan burung kenari Belgia,bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel terbalik dan memiliki kebiasaan berdiri tegak dengan kaki panjang.


Yorkshire


2. Norwich
Burung kenari norwich merupakan burung kenari yang menarik dikarenakan burung ini mempunyai bulu yang tebal sayap,ekor dan paruhnya juga pendek, umumnya nburung ini memiliki warna hijau yang menarik sekali panjangnya antara 15-17 cm habitat aslinya di wilayah norwich daerah norflok (Inggris)


Mengenal Jenis jenis Kenari


3.Cinnamon
Burung ini mempunyai kesamaan dengan kenari norwich dan tergolong burung yang menarik karena mempunyai bentuk serba bulat dengan dada bidang punggung pendek lebar sayap ekor dan paruhnya juga pendek panjang dari burung ini antara 15-17 cm

Mengenal Jenis jenis Kenari


4.Border
Burung ini berasal dari negara perbatasan antara inggris dan scotlandia dan burung ini mempunyai bentuk yang serba bulat di lihat dari sudut mana saja sehingga bentuk dari bulatnya burung itu sangat menentukan dalam sebuah kontes panjang dari burung kenari ini 15 cm.


Mengenal Jenis jenis Kenari

5.Gloster
Burung ini tergolong lebih kecil di banding kenari lainnya yang mempunyai panjang tak lebih dari 10 cm pada kepala burung gloster ini terdapat bulu jambul sehingga dengan ukuran pendeknya dan mempunyai jambul tersebut burung ini menjadi ketentuan saat memasuki kompetisi.


Mengenal Jenis jenis Kenari


6.Lancashire
Disebutkan bahwa kenari jenis ini yang terbesar di inggris.jenis ini sekarang sudah jarang di temukan dalam bentuk aslinya.Burung ini lebih banyak di silangkan dengan jenis lain untuk mendapatkan keturunan yang berbadan besar. jenis ini ada yang mempunyai jambul yang mempunyai sebutan Lancashire coppy dan ada juga yang kepalanya polos yang di sebut Lancashire plain head.



Mengenal Jenis jenis Kenari

7.London fancy
Burung kenari jenis ini dinyatakan telah punah, dan burung kenari ini susah ditelusuri asal usulnya.Burung ini berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam sehingga terlihat kontras yang sangat mengesankan. Jenis kenari ini berasal dari inggris dan aslinya memiliki bintik-bintik berwarna hitam.

Mengenal Jenis jenis Kenari


8.Scotch Fancy
Burung jenis ini di kalangan penggemar burung di negara inggris, terkenal dengan sebutan nama Bird O Circle. Karena formasi dari kepala sampai ujung ekor pada waktu di kompetisikan berbentuk  setengah lingkaran. Burung Scot Fancy  memiliki kepala yang kecil lebih bulat sedikit dari kepala burung kenari Belgia,lehernya ramping dan panjang,bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat,sayapnya panjang dan menempel kuat ke badan dan kaki yang panjang kuat terpentang dengan baik.


Mengenal Jenis jenis Kenari


 9.Belgian
 Burung ini merupakan burung yang di ambil bentuk dan postur tubuhnya saja.Terkesan seperti burung cacat,Kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini juga sulit diternakan dan umumnya telurnya ditetaskan dengan memakai burung kenari lain.

Mengenal Jenis jenis Kenari


 10.Frill
Burung jenis ini pada umumnya tergolong sebagai burung berbadan besar,karena panjangnya mencapai 20 cm.


Mengenal Jenis jenis Kenari


11.Fife Fanci
Kenari ini tergolong jenis baru,burung ini bentuknya sama seperti kenari London Fancy,hanya ukurannya lebih kecil dengan bulu sayap dan ekor berwarna putih. Ukuran panjang burung ini tidak lebih dari 10 cm .Burung ini sangat mudah diternakan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat banyak.

Mengenal Jenis jenis Kenari


12.Crested canary
Kenary crested,kenari ini sudah ada di sekitar tahun 1950-an, oleh sebab itu kenari ini tergolong jenis yang tua dari jenis kenari yang lainnya. Awal mula burung ini dikenal dengan nama Turn crown, dan pada awal abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja pantasi). Ciri dari burung kenari ini,ditengah kepalanya mengembang ke depan sampai ke paruhnya hampir menutupi matanya, ke arah belakang kepala juga memiliki bentuk luas dan tebal dengan bulu yang lebat dan lembut.

Mengenal Jenis jenis Kenari



13.Red intensive canary
Red intensive canary (kenari merah) jenis kenari dengan keindahan bulu yang mutlak berwarna merah yang berasal dari Samudra Atlantik. Dengan panjang tubuh yang mencapai 15 cm dapat dijadikan induk pada umur 7-8 bulan. Kenari jantan dapat dikawinkan saat berumur 10-12 bulan. Telur dierami selama 15 hari,dan 25 hari kemudian burung siap kawin lagi.

Mengenal Jenis jenis Kenari


14.Roller
Roller jenis kenari keturunan dari jerman yang diternakkan di wilayah Pegunungan Hartz. Sekitar 400 keluarga berkecimpung mengembang biakkannya. Kenari ini merajai jenis burung kenari yang berkicau.   


Mengenal Jenis jenis Kenari



Demikian kami perkenalkan macam-macam dan jenis kenari bagi para peternak kenari pemula agar tidak merasa bingung,semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu bagi teman teman pecinta burung,khususnya ternak burung kenari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar